.:[ Kesehatan ]:.

Pungqie weblog

Tips Merawat Kuku

Tips Merawat Kuku

Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk menjaga kebersihan kuku tangan dan kaki dengan cara memotongnya secara berkala dan mencucinya sebelum kita makan dan sebelum kita tidur. Bahkan mungkin di antara kita, masih ada yang mengingat pengalaman yang cukup berkesan saat duduk di bangku sekolah dasar dulu ketika ada hari-hari tertentu kuku-kuku kita (semua murid) diperiksa oleh guru.

Pada umumnya, di antara masyarakat kita tidak banyak yang menganggap bahwa pemeriksaan kuku adalah sebuah hal yang sangat penting dan jika tidak diperhatikan dapat mengganggu kesehatan. Hal tersebut cukuplah dapat menjadi sebuah isu yang bisa diangkat dan kemudian dibahas mengingat betapa banyak di antara kita yang sering kali lalai untuk menjaga kebersihan kuku. Misalnya saja, kita masih sering melihat kebiasaan buruk diantaranya menggigit kuku, malas memotong kuku atau membersihkannya dari kotoran dan makan seenaknya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal, tangan merupakan bagian yang paling rawan terkena kotoran sekaligus sebagai alat makan. Coba kita bayangkan, jika kita mau jujur meneliti atau sekedar mengamati tangan atau bagian kecil anggota badan kita di bawah mikroskop, hiiiiiiiiiiiiii….ternyata begitu banyak kotoran yang melekat dan bersarang di sana!!!. Termasuk mikroorganisme, bakteri, cacing, spora, parasit dan lain-lain yang lebih merupakan bibit-bibit penyakit yang senantiasa mengancam kesehatan kita. Seram bukan………..??

Dari kuku dapat terlihat apakah orang tersebut beanr-benar menjaga kesehatan atau tidak. Bila kuku kita bersih insyaAllah dapat menambah rasa percaya diri kita dan tubuh pun terhindar dari kuman-kuman dan berbagai macam penyakit. Untuk itu, menjaga kebersihan kuku menurut saya adalah sangat penting dan sama pentingnya ketika kita ingin hidup kita lebih sehat setiap saat. Semoga, perkara yang sangat kecil dan relatif sangat tidak diperhatikan ini bisa kita coba lebih diperhatikan lagi dan semoga kemudian dicatat sebagai wujud salah satu amal baik kita untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan cuma-cuma oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, mari kita simak tips berikut ini:

1. Bagi seorang perempuan pada umumnya, penggunaan pewarna kuku merupakan salah satu bagian dari fesyen atau daya tarik tersendiri yang akan mengangkat rasa percaya diri. Tapi menggunakan pewarna kuku terus menerus juga tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh. Untuk itu, biasakan untuk tidak menggunakan pewarna kuku sehari dalam seminggu agar kuku Anda dapat beristirahat.

Bagi seorang akhwat, sangat tidak dianjurkan menggunakan pewarna kuku kecuali hanya untuk ditujukan buat suaminya dan itu pun biasanya dengan pewarna kuku yang tidak permanen atau bersifat temporal, misalnya kita mengenal pewarna alami dari daun pacar cina atau pacar mekkah atau yang sejenis dan dari segi thaharah pun itu masih ditolerir jika memang tidak menghalangi meresapnya air ke dalam pori-pori kuku ketika berwudhu atau mandi hadas besar.

2. Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.

3. Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.

4. Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.

5. Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.

6. Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.

7. Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Apabila kuku kita bersih, kesehatan kita pun akan lebih terjamin..

(Sumber: idionline/KCM, dilengkapi/ditambahkan dengan sedikit materi dan dibahasakan kembali secara bebas)

Oktober 19, 2008 - Posted by | Kesehatan Kuku

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: